Kamis, 29 Maret 2012

Manajemen Waktu

0 komentar
MANAJEMEN WAKTU merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola secara efektif dan efisien. Efektifitas terlihat dari tercapainya tujuan menggunakan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan efisien tidak lain mengandung dua makna,yaitu: makna pengurangan waktu yang ditentukan, dan makna investasi waktu menggunakan waktu yang ada.
MANAJEMEN WAKTU BERTUJUAN kepada produktifitas yang berarti rasio output dengan input. Tampak dan dirasakan seperti membuang-buang waktu dengan mengikuti fungsi manajemen dalam mengelola waktu. Merencanakan terlebih dahulu penggunaan waktu bukanlah suatu pemborosan melainkan memberikan pedoman dan arah bahkan pengawasan terhadap waktu. Commited to time

KUALITAS MANAJAMEN WAKTU berpedoman kepada empat indikator,yaitu:
1) Tetap merencanakan
2) Tetap mengorganisasikan
3) Tetap menggerakkan
3) Dan tetap melakukan pengawasan.

TIME IS MONEY itu benar sekali. Kehilangan waktu sama dengan kehilangan uang. Sementara, sebagai umat Islam, waktu bukan hanya sekedar uang, tetapi WAKTU  ADALAH  PAHALA. Kehilangan waktu artinya kita kehilangan kesempatan untuk meraih pahala.

Dalam Islam waktu adalah suatu hal yang penting, mengapa? dalam surat Al ‘Ashr ayat 1-3 Allah SWT berfirman “Demi Masa (Waktu)…” yang menunjukkan betapa berharga dan pentingnya waktu tersebut. Selain itu dalam hadits Nabi SAW. berpesan agar kita manfaatkan 5 masa/waktu : “Masa muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, luang sebelum sibuk, hidup sebelum mati” (HR.Al-Baihaqi).
Inilah pentingnya MANAJEMEN WAKTU bagi kita.

MANAJEMEN WAKTU à  BUKANLAH soal melakukan terlalu banyak hal dalam waktu yang sedikit TAPI melakukan hal yang tepat di saat yang tepat dengan segera. Bagaimana Anda mengelola waktu adalah bagian dari agenda Anda. Namun, ada beberapa langkah generik yang membantu Anda mengelola waktu dengan cara yang lebih baik, seringkali dalam hal eksekutif.
Sebelum memulai melakukan manajemen waktu, ada baiknya anda evaluasi terlebih dahulu apa yang telah anda lakukan selama ini dengan menjawab pertanyaan berikut:
Ø  PERTAMA
Lima kegiatan/aktivitas apa yang paling banyak menyita waktu anda (menonton tv, main PS, jalan-jalan ke mall, belajar, tidur, ngobrol, atau apa?).

Ø  KEDUA
Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
·      Apakah anda mengestimasi berapa jam anda membutuhkan waktu untuk belajar setiap minggu?
·      Apakah anda selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas?
·      Apakah anda membuat daftar apa yang harus dikerjakan (to do list)?
·      Apakah anda menentukan target tertentu untuk setiap periode studi?
·      Apakah anda memulai belajar dengan mengerjakan tugas/pr yang paling sulit?
·      Apakah anda menyelesaikan belajar anda selama jam produktif setiap harinya?
Kalau jawaban anda pada kuis di atas lebih banyak “Tidak” dari pada “Ya”, maka sudah saatnya anda melakukan manajemen waktu yang baru.
Saya ambil 2 contoh kegiatan yang banyak menghabiskan waktu anda, yaitu :
       Ø   SATU

WAKTU NONTON TV ANDA

Menurut survey di Amerika, rata-rata orang menonton TV selama 4 jam per hari (bagaimana dengan di Indonesia?). Tahukah Anda bahwa 36% siaran TV berisi iklan? Dari 4 jam nonton TV, Anda menonton iklan selama 88 menit, hampir 1,5 jam.
Pasti langsung kata-kata ini terbesit di pikiran kalian“Tapi saya butuh hiburan….Menonton TV adalah waktu saya untuk bersama keluarga…Menonton TV cara saya untuk melepas kepenatan. . .
Tentu saja, Poin saya disini, jangan berlebihan menonton TV. Sayangi waktu Anda. Perlu diingat: bahwa saya tidak mengatakan Anda harus berhenti nonton TV, tetapi kurangi waktunya. Artinya Anda masih tetap bisa menonton TV. Hanya saja tidak selama yang Anda lakukan sebelumnya. Kurangi waktu nonton TV Anda 1 jam per hari. Jika Anda mau melakukan tips manajemen waktu ini, Anda bisa menghemat 1 jam per hari, 7 jam per pekan, atau bisa juga dihitung dengan satu hari kerja per pekan. Artinya 364 jam dalam setahun. Jika Anda punya waktu extra 364 jam per tahun, apa yang bisa Anda dapatkan? Berapa buku yang bisa Anda baca?

       Ø   DUA
WAKTU TIDUR ANDA
                Saat ini kita dicekoki dengan frem bahwa dalam sehari manusia harus tidur minimal 8 jam. Padahal kalau kita cermati kalau kita tidur 8 jam sehari itu artinya kita sudah memanfaatkan waktu kita 1/3 hari untuk TIDUR. Bayangkan kalau rata2 umur manusia saat ini 60 tahun maka bisa kita artikan 20 tahun umur manusia digunakan untuk TIDUR!
Cukuplah bagi kita untuk tidur selam 3-7 jam saja dalam sehari asalkan “berkualitas”.
Lalu Btimbul sebuah pertanyaan BAGAIMANAKAH TIDUR YANG BERKUALITAS itu?
Manajemen Tidur Berkualitas
- tidur 3-7 jam
- tidur di awal malam dan bangun pada 1/3 malam terakhir
- berwudlu sebelum tidur
- membersihkan tempat tidur
- mematikan lampu (meningkatkan melatonin)
- tidur dengan posisi yang benar (miring ke kanan)
- berdzikir dan berdoa
MENGHITUNG SISA UMUR ANDA



2 contoh di atas adalah sebagian kecil dari sekian banyak contoh kegiatan yang banyak memakan waktu kita yang berharga.Bagaiman banyak sekali kan waktu yang kita buang. SUDAH KAH ANDA MEMANFAATKAN WAKTU ANDA DENGAN SEBAIK BAIKNYA ???? HANYA ANDA SENDIRI YANG BISA MENJAWABNYA !!!
Jangan katakan Anda tidak punya waktu untuk belajar atau berkerja, jika Anda masih nonton TV berjam-jam dan tidur berjam-jam. Ingat: WAKTU YANG SUDAH LEWAT TIDAK AKAN PERNAH KEMBALI. KEHILANGAN HARTA MASIH BISA DICARI LAGI, TETAPI KEHILANGAN WAKTU KITA TIDAK BISA KEMBALI. Inilah pentingnya manajemen waktu bagi kita.
Baiklah saya akan memberikan anda beberapa tips tentang manajemen waktu. Bagaimana cara anda memaksmalkan waktu yang anda miliki. TAPI, terlebih dahulu perhatikan langkah – langkah berikut .
Yang Harus Diperhatikan dalam Perencanaan
Sebelum membuat perencanaan, ada lima hal yang harus kita perhatikan, yaitu:
1. NIAT YANG KUAT
Niat sama artinya dengan motivasi yang kuat. Tanpa adanya niat, kita tidak akan pernah berhasil dalam beramal. Tahun, bulan, atau hari tidak akan pernah menjadi tahun, bulan, atau hari yang berprestasi, seandainya kita tidak berniat untuk mengisinya dengan amal terbaik. 2. Memiliki Tujuan yang Jelas
2. TUJUAN, CITA-CITA
Tanpa adanya tujuan yang jelas, kita tidak akan fokus melangkah. Makin tidak jelas tujuan dan waktu pencapaiannya maka peluang gagalnya rencana kita akan makin besar.
Kata bondan parkoso “ hidup berawal dari mimpi”

3. BUAT RENCANA CADANGAN
Kita pun harus selalu siap dengan segala kemungkinan tak terduga. Kita merencanakan, tapi Allah yang menentukan. Karena itu, buat rencana B dan C bahkan sampai Z sebagai rencana cadangan jika rencana utama mengalami kegagalan.
4. RENCANA ATAU PROGRAM HARUS REALISTIS, TERUKUR, DAN ADIL
Hindari membuat rencana yang terlalu tinggi, tidak realistis, dan terlalu sulit dicapai. Program kita pun harus adil dan seimbang.
5. DISIPLIN DALAM RENCANA.
Sehebat apapun program dan rencana, tidak akan berarti sama sekali jika kita tidak disiplin melaksanakannya. Karena itu, JANGAN tergiur oleh kegiatan, kesenangan spontan, atau apa saja yang akan menjauhkan kita dari rencana yang telah disusun.Ada satu prinsip, “Tiada Prestasi tanpa Disiplin”. Siapa lagi yang dapat memaksa kita untuk sukses selain diri kita sendiri.

OKE. Setelah anda baca BASIC dari MANAJEMEN WAKTU yang di atas, sekarang saat nya anda membaca inti dari MANAJEMEN WAKTU.
Check it dot.
KeLima Tips Manajemen waktu itu adalah:
  1. Buatlah daftar dan tentukan prioritas sasaran mingguan
Dengan membuat daftar dan menentukan prioritas sasaran dalam minggu pertama sampai minggu keempat dalam setiap bulannya, maka akan anda dapati progres report yang dicapai selama kurun waktu seminggu itu
  1. Buatlah daftar “to do” harian, dan tentukan prioritas
Dengan meggunakan daftar pekerjaan yang harus anda tuntaskan hari ini membuat anda menentukan skala prioritas. Anda harus atur mana yang lebih mudah dulu dikerjakan, dan disesuaikan dengan kondisi anda sendiri.
  1. Curahlan perhatian utama pada prioritas A
Dengan begitu anda menjadi fokus pada tujuan anda. Bla anda tidak fokus, maka tak ada satupun pekerrjaan yang sampai tujuan atau mencapai hasil yang diharapkan.

  1. Tangani setiap tugas sekali
Jangan mengulang kembali pekerjaan anda yang sudah ditugaskan. usahakan cukup sekali saja anda menuntaskannya.
  1. Terus menerus bertanya, “Bagaimana cara terbaik menggunakan waktu saya sekarang? dan KERJAKAN!
Lakukan perenungan dari apa yang telah anda kerjakan, dengan begitu anda selalu mawas diri, dan mampu melakukan refleksi diri agar menjadi manusia yang lebih baik dari hari kemarin.
Dari sederet penjelasan yang saya berikan tadi .
Intinya adalah “kerjakan apa yang kamu tuliskan, dan tuliskan apa yang kamu kerjakan”. Semua itu dikerjakan menggunakan cara. Cara terbaik untuk memulai adalah memulainya (Marie Edmund Jones).

Leave a Reply

Label